Menjadi Guru Itu...


Saya pernah merasakan rasanya mengajar anak SMA, juga merasakan ramenya mengajar anak SD. Sekarang saya masih merasakan serunya mengajar anak TK, tapi ternyata hal terberat buat saya adalah mengajar anak SMP.

Apakah ini sekedar opini pribadi? Ato memang karakter saya gak cocok ngajar di SMP? Ato anak-anaknya yang emang keterlaluan? Entahlah!

FYI, di SMP tempat saya ngajar, murid cowok ama cewek dipisah. Kalo ngajar murid cewek sih gak usah ditanya. Semuanya khusyuk mendengarkan kalo guru lagi ngejelasin materi. Tapi keadaan berbalik 180 derajat di kelas cowok.

Sepanjang sejarah saya menjadi seorang guru SMP, berbagai macam tingkah polah anak-anak di kelas cowok selalu menjadi makanan sehari-hari. Mulai dari anak yang gak mau ngerjain tugas, gak mau nyatet, ngobrol sendiri, smack down sama temen, baju seragam gak karuan bentuknya, yang bawa barang-barang gak penting ke sekolah, yang hobi menclok dari satu bangku ke bangku yang lain, sampai yang hobi ijin keluar masuk WC *mencretTiapHariKaliYa*.

Tapi hari ini, saya merasakan hal terberat!

I’m Back


Alohaaawwww..awaw..aw..aw...

Setelah sekian juta lamanya *lebay*, akhirnya bisa cipika-cipiki juga nich ama blog tercuayang; cup...cup..emmmmuah...

Hampir tiga bulan OFF dari dunia perbloggeran, ternyata banyaaak banget momen yang udah saya lewatin. Contohnya ni... gak ikutan serunya berbulan Ramadhan en gak ikutan asyiknya saling cerita soal lebaran. So, maaf lahir batin yaaach teman-teman kalo Aina ada salah... HuAAAAA telatttt bangeeeettttttt!!!!!!!  #ditendangKeLaut

Makasih ya buat temen-temen yang kemaren udah ngirim kartu ucapan lebaran,en makasiiiih banget coz ternyata banyak juga temen blogger yang ngucapin ultah ke wall FB pas saya ulang tahun ke 25 tanggal 12 September lalu. Thanks a lot yach... I miss you all....

Sebenere udah pengen update dari kemaren, but gak jadi karena blog kejebak galat! Mungkin karena saking lamanya vakum kali yaaaa…. Jadinya gak bisa masuk ke dasbor dweh. Kebetulan juga pas iseng-iseng baca di blogroll, ada ‘Mata Bening’ muncul di salah satu update postingan. Yihaaa, surprise bangeeettt ternyata Mbak Fanny baru aja review blog saya. Nah, di situ sekalian aja saya nulis komentar yang isinya nggrundel soal blog saya yang kena galat. Hahahaha…. Tapi ada berkahnya juga, berkat curcol di kotak komentar postingannya Mbak Fanny itu, saya jadi dapet solusi dari Si Cantik Tiara…. Thanks ya Manissss… xixixixix

InsyaAllah saya mo mulai rajin nulis lagi, InsyaAllah yaaa kalo gak kumat males en sok sibuknyaaa...hehe.. tapi mungkin gak bisa seintens dulu. Ya ga pa pa deh, yang penting bisa terus update en silaturrahim ama temen-temen blogger tetep terjalin...

Semangati saya yuach!!!!!

Yang Tersisa dari Masa RA ; Sebuah Lomba


Gak banyak kenangan yang bisa diingat dari masa RA (setingkat TK) saya. Maklum donk, namanya aja masa RA. Udah berapa lama terlewat coba???? Dua puluh taunan, cuyyyy....
Kata ibu, saya udah merengek pengen sekolah RA sejak umur tiga tahun. Padahal tau sendiri dwonk, kalo usia tiga tahun thu belom saatnya masuk RA?! Tapi mendengar rengekan saya yang mungkin sangat menyayat hati, ditambah tangisan yang sangat mengganggu ketentraman hidup tetangga, akhirnya ibu saya gak tega. Beliaupun membiarkan saya ikut-ikutan belajar di RA.
Gimana bisa saya ikut-ikutan sekolah di RA?
Bisa saja! Coz ibu saya adalah kepseknya. Jadi saya sukses nimbrang-nimbrung belajar sama anak-anak RA lainnya yang rata-rata usianya dua tahun di atas saya. Saya diberi buku dan alat tulis, tapi saya belom pake seragam en nama juga gak dicantumin di absen.
Suatu hari, di tengah status saya sebagai murid yang cuma ikut-ikutan, diadakanlah perlombaan tingkat RA se-Kabupaten Kudus di Kantor Departemen Agama. Salah satu lombanya yaitu lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an). Entah gimana ceritanya tiba-tiba aja saya udah ada di depan podium, maju sebagai peserta lomba! Kalo gak salah waktu itu saya membaca Surat At-Tin. Ajaibnya lagi, saya berhasil nyabet juara 2. Weewweweweeww.......!!!
Inilah foto saya waktu naik panggung nerima hadiah...


My Kind of Husband


Dapet tag dari Mbak Fanny untuk buka-bukaan soal kreteria cowok idaman saya. Hmmm, lebih tepatnya kreteria calon suami kali ya…. Secara umur udah segini masa nyari pacar mulu kapan nikahnya???? :P
But astaganagaaaaaaa, ternyata poin yang harus dijawab buanyaaaak banget! 50 poin bow!!! Ckckckckck....
Padahal sih, asal tau aja, dari jaman saya jomblo lumutan, tiap ditanya soal kreteria pacar, jawaban saya selalu...dan selalu sama : TINGGI, SMART, BERSIH. Ya, hanya tiga poin saja syarat utama untuk jadi pacar saya! Simple kan? Tapi masih aja ada yang nganggep kalo kreteria di atas termasuk susah dicari... Hmmmm, masa sih????
Pernah ada yang nanya : “Kalo kreterianya ilang satu poin gimana?”
Saya jawab, “Gak mau!!!!”
Saya gak akan menyukai cowok tinggi dan smart tapi dekil....
Saya juga gak akan menyukai cowok tinggi dan bersih tapi o’on bin dodol bin gak nyambung kalo diajak ngobrolin isu-isu terkini....
Saya juga gak akan menyukai cowok smart dan bersih tapi pendek.... *Nggg, buat cowok pendek di luar sana maaf ya, bukan bermaksud diskriminatif ni... soalnya saya kan uda pendek, masa iya cowok saya pendek juga? Perbaikan keturunan boleh kan?*
Dan daripada kelamaan basa-basi, langsung cek aja yuk, 50 poin apa saja sih yang harus saya jawab?

Hari Terakhir MOS


Sabtu kemaren adalah hari terakhir MOS. Rencananya seluruh warga sekolah dari mulai murid, guru, tukang kebun, ibu kantin, satpam, ampe makhluk halus penunggu sekolah bakal ikut jalan santai keliling komplek sambil diiringi drumband-nya anak OSIS.
Sesuai intruksi, saya nyampe sekolah jam 6 tepat. Tapi ternyata belom ada tanda-tanda kehidupan kecuali beberapa siswa senior yang entah lagi pada sibuk nyiapin apa. Ada juga seorang guru yang lagi berdiri di depan gerbang sekolah, nyalamin siswa yang pada dateng.
Abis naroh tas di ruang guru, setengah berlari saya bermaksud nyusul nyalamin siswa di depan gerbang. Tapi apessss, kaki saya malah keseleo. Gak sampe jatoh sih, tapi ada bunyi ‘krek’ kayak ada tulang yang geser. Sambil meringis dan berusaha tetap jalan, bayangan tukang urut langganan saya pun menari-nari di otak. Saya mendadak kangen ama si tukang urut...

Tentang Seorang Siswa TPQ


Setiap sore, kecuali hari jum’at karena jum’at adalah hari libur, saya ngajar di sebuah TPQ (Taman Pendidikan AlQur’an) di dekat rumah saya. Kebetulan saya kebagian ngajar anak-anak pra-wisuda jilid 6 dan 7. FYI, jilid 6 membahas tentang gharib (mempelajari arti kata dari kata-kata yang ganjil yang tidak biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari yang ada dalam Al-Qur’an), sedangkan  jilid 7 membahas tentang tajwid (mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam Al-Qur’an)
Kira-kira beginilah suasana di TPQ
Ada empat tipe siswa yang saya ampu di TPQ tersebut. Yang pertama: siswa dengan kemampuan membaca Al-Qur’an dan hafalan yang bagus, kedua : siswa dengan kemampuan hafalan yang bagus tapi baca Al-Qur’annya masih agak belepotan, ketiga : siswa dengan kemampuan membaca Al-Qur’an yang bagus tapi kemampuan menghafalnya rendah, dan yang keempat : siswa dengan kemampuan membaca Al-Qur’an yang masih kurang bagus dan kemampuan menghafalnya acakadut.
Tiga tipe siswa yang pertama, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, mereka relatif masih bisa ditangani dengan mudah. Tapi ada satu siswa yang masuk dalam kategori siswa jenis keempat (kemampuan membaca Al-Qur’an kurang bagus dan kemampuan menghafalnya rendah) yang bener-bener sukses bikin saya mati gaya.

Pohon Pisang di Belakang Rumah


“Eh, kamu udah tau belom perkembangan terbaru soal si Fredy yang seminggu ini ngilang?”

Aku menggeleng.

“Mayatnya udah ditemuin membusuk di sungai. Wajahnya gak bisa dikenali lagi. Ngeri!!! Makanya aku ke sini mo ngajakin kamu ngelayat...” 

Berita bagus, dong!!! Itu artinya aku gak perlu was-was lagi. 

“Oh ya, sejak kapan kamu suka ama pohon pisang?”

Sh*t! Sempet-sempetnya juga dia jelalatan ngelirik kebon belakang rumahku!

“Emmm....sejak aku ngerasa kalo pohon pisang itu ternyata eksotik...”

Hyaik, itu adalah jawaban terbodoh yang pernah aku lontarkan...

“Oooo....”

Tapi semoga aja dia percaya! Dan semoga aja mereka juga percaya kalo si mayat busuk dari sungai itu adalah Fredy. Semoga aja gak ada yang pernah kepikiran kalo Fredy sekarang udah bobok tenang di bawah pohon pisang itu.

Bongkar-bongkar Diary ABG Labil


Ngomongin soal diary, saya udah suka banget nulis diary sejak kelas 5 SD. Tapi waktu itu belom berani jujur-jujuran 100 persen, coz masih ada perasaan takut dibaca orang. Malahan kadang saya nulis yang gak sesuai fakta. Misalnya ni saya lagi naksir ama temen sekelas, tapi di diary saya nulisnya “Ih, sebel banget deh aku dijodoh-jodohin ama Si A. Napa sih banyak yang nyangka aku suka ama dia? padahal kan enggak!”
Setelah nulis boong itu, kadang saya malah berharap ada yang baca diary saya. Biar selanjutnya mereka percaya kalo saya emang gak naksir ama Si A! :P
Isi diary SD juga kebanyakan ge-je. Dikasih mangga ama temen aja dicatet, ketawa ampe ngompol-ngompol juga dicatet, trus ngelempar sendal ke temen juga sama… dicatet… Ya ya intinya gitu deh, semua dicatet… kayak Bang Madit!

Antara Dunia Nyata dan Maya


Photobucket

Karena postingan ini saya buat dalam rangka ikutan giveaway suit sepentin yang diselenggarakan oleh Pak Ies, So alangkah baiknya kalau sebelum saya ngoceh ke mana-mana saya ucapkan dulu ‘hepi suit sepentin’ buat Pak Ies pemilik blog Djangan Pakies atas usia pernikahan beliau yang ke 17. Semoga langgeng selalu, dan benar-benar menjadi jodoh dunia akhirat dalam ikatan pernikahan yang sakinah, mawaddah, warohmah. Amin.

7+7+7 = ??????


Walo deadline-nya masih lama, tapi ternyata banyak juga yang udah pada ikutan giveaway-nya Mbak Fanny pemilik blog Sang Cerpenis Bercerita, dan saya termasuk telat! Hohoho, gapapa ya Mbak Fanny... Masih diterima jadi peserta thooooo???
Buat yang belom tau, Mbak Fanny lagi ngadain giveaway berhadiah 3 buah novel untuk 3 orang pemenang. 


Syaratnya cukup mudah. Kita hanya diminta jawab satu pertanyaan itung-itungan. Tapi itung-itungannnya bukan sembarang itungan lho. Ada rumus dan pola tertentu. Penasaran? Cek langsung ke TKP, baca, ramaikan!
Dan ini dia jawaban saya :
7+7+7 = 494991
Kalo menang, saya pengen buku Confessions of a Shopaholic karya Sophie Kinsella.
Semoga saya beruntung! Amiiiiin....

Puspita yang Over-Pede


Kemaren adalah yang 11 kalinya dalam sebulan ini saya menghadiri pernikahan teman. Kali ini nikahannya di kota Jepara, karena memang si teman rumahnya di Jepara *yaiyalaah.
Dan kemaren pula saya janjian dengan seorang Mas-Mas ganteng. #ehemmmm.
Sebenernya saya udah pernah ketemu ama Si Mas ini, tapi udah agak lama juga sih. So, karena kebetulan temen saya yang nikah itu ternyata juga temen Si Mas ini, akhirnya kami janjian deh buat ketemu.
Si Mas ini baik banget deh ampe bela-belain jemput saya ke Kudus. Dia juga nawarin saya buat bonceng dia aja. Tanpa pikir panjang lebar, sayapun setuju.
“Na, tau alamat lengkapnya Niswah ga?” tanya Si Mas waktu kami memasuki desanya Niswah, temen kami yang nikah.

Sepenggal Episode : Luka Itu... Hati Baru...


------Pada suatu ketika, di pertengahan dua ribu lima------

“Katamu kamu sedang gelisah?! Ada apa?”
Kemudian hening. Entah ia sedang menyendiri di ujung mana. Tak ada setitik suarapun yang mampu aku tangkap melalui handphoneku selain desah nafasnya.
“Ada hal yang sangat mengganjal. Aku pengen ngomongin ini ke kamu biar lega, dan rasa bersalahku sedikit berkurang...”
“Ya... Apa?”
“Mungkin ini akan menyakitimu... jadi baiknya aku ngomong apa tidak, ya?”
Aku diam, penasaran. Mendadak aku dicekam perasaan takut dan tidak siap, meski aku tidak tahu apa yang sebenarnya ingin dia omongkan.
“Jadi gimana? Aku omongin sekarang, atau....?”
“Tidak usah! Aku tidak mau mendengar!” potongku. Entah kenapa rasa takut itu mendadak mengalahkan rasa penasaran yang justru sudah aku rasa sebelum rasa takut itu menyergap.
Daripada aku membohongi kamu terus-terusan....”

Si Hitam Putih Udah Nyampe Rumah...


Alhamdulillah, tiga kali berturut-turut ikutan Gaphe’s Giveaway, akhirnya giveaway yang terakhir nyangkut nama saya juga. Jadi salah satu pemenang utama lagi... Cihuyyyyy!!!!!
Dan rabu pagi kemaren, paketan giveaway itu udah nyampe dengan selamat ke rumah saya, langsung saya terima sendiri karena kebetulan waktu itu saya lagi ngejogrok di rumah aja.... liburan sehari aka libur isro’ mi’roj.



Isi paketannya sesuai dengan janji Gaphe selaku tuan rumah penyelenggara giveaway, yaitu Buku Hitam Putih yang dibubuhi tanda tangan pengarangnya, Mbak Rifka Nida Novalia, plus Pulpen yang kata Gaphe hasil ngembat dari hotel tempat dia nginep di Bali. Pulpennya unik, warna cover abu-abu tapi tintanya ijo... 

Kamuflase


Sambil melotot, bisik-bisik, dan nyikut-nyikut Dinda yang lagi maenin hapenya Asri, “Buruan transfer fotonya, gue uda aktifin bluetooth, nie...”

“Gak berani...”

“Cemen loe! Bawa sini hapenya!”

Hape Si Asri udah pindah ke tangan gue. Tapi mata Si Asri awas bener ya merhatiin gue yang lagi pegang hapenya... kayae curiga ama niat busuk gue...

“Met, dari mana sih loe dapet aplikasi biru-biru ini? Keren sumpah! Gue mau dong... Bagian yang ada adegan loncat-loncat gue suka banget, efeknya dramatis...”

Bla bla bla... 

Dengar, dengar!! Dengan penuh semangat, Asri langsung menjelaskan soal aplikasi yang barusan gue tanya.

Yess, Asri percaya aja kalo gue lagi buka-buka kotak aplikasi super gak penting itu. Asri yang dodol odol-odol gak mudeng kalo sebenernya gue lagi sibuk mentransfer foto syur koleksi pribadinya dari hapenya ke hape gue...

Sekarang tinggal nyebarin ke seluruh dunia deh....

****

Sekali lagi, ini hanya FIKSI MINI

Zair’s Graduation


Keponakan saya yang paling cantik, Zair, baru aja wisuda...
Apa???? Wisuda??? Iyaaaa bener, wisudaaa...!!! #yang lagi pusing ama skripsi jangan iri yaaaa...
Hohoheeemmmm, maksudnya wisuda TPQ (Taman Pendidikan Qur’an), sodara-sodara....! Kalo di tempat saya nama TPQ udah diganti dengan Nama RTQ (Roudloh Tarbiyatil Qur’an / روضة تربية القران). Artinya sama sih....Cuma ganti versi arab aja kok.
Momen wisuda kayak gitu mestinya bikin si empu wisuda seneng dan berbahagia dunia akhirat donk... Tapi faktanya si Zair dari siang ampe malem menjelang wisuda malah manyun-manyun mulu. Ternyata oh ternyata dia lagi kesambit SARIAWAN!

Percaya Karma?


Percaya karma?
Yea, saya adalah salah satu makhluk Tuhan yang percaya adanya karma. Saya percaya kalo perlakuan dan perkataan apapun yang kita berikan pada orang lain, maka perlakuan dan perkataan seperti itulah yang kelak akan menimpa kita di kemudian hari.
Apa yang telah membuatmu percaya adanya karma?
Sebuah kejadian.
Kejadian apa?
Sepele. Tapi memalukan!
Coba ceritakan...
Baiklah... *JedaAmbilNafas* Waktu saya masih kelas 1 Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan tinggal di Pesantren nenek saya, pagi-pagi seisi pesantren dihebohkan dengan tragedi seorang teman yang ngompol! Diiiih, udah gede ngompoooollll.... dengan santainya saya olok-olok dia ke mana-mana. Tragisnya, beberapa hari kemudian malah gantian saya yang ngompol. Di kasur segede gaban pula!
Oh.... Dan itu membuatmu kapok?
Benar... Saya tau saya dapat teguran dari Tuhan... Sejak itu mulut saya lebih milih diskusi sama otak dulu sebelum mengumbar suara ke seisi dunia...

Bapak Asem Manis


Pagi tadi saya ketemu seseorang...
Sebut aja namanya Pak Nar. Tapi dalam hati saya nyebut dia Bapak Asem Manis (kayak permen) karena kadang beliau nyenengin, kadang juga keluar nyebelinnya. Beliau adalah Bapak dari Prima, salah satu temen baik saya waktu SD. Secara fisik, Pak Nar lumayan horor! Kumisnya tebel melintang panjang plus mukanya dingin, serem, en jarang senyum!
Waktu ketemu itu saya melempar senyum ama beliau, tapi beliau diem saja. Mungkin pangling ama saya. Apalagi kami sama-sama mengendarai sepeda motor. Jadi ya mak-sliwer aja. Maklum udah lamaaaaaa banget saya gak main lagi ke rumah beliau, semenjak saya dan Prima pisah sekolah 13 tahun yang lalu.
Abis ketemu sesaat itu, ingatan saya tentang Pak Nar pada cling cling cling...berebutan muncul!. Lagi-lagi asem manis, alias campur-campur. Yang nyenengin, yang ngeselin, ampe yang malu-maluin.