Berbagai Trik Nyontek Ala Iin dan Teman-teman (Ooooopppssss!!!!)



Yang namanya pelajar, pasti pernah punya pengalaman nyontek ato dimintai contekan. Hayo ngaku ajah, gak usah malu-malu meong.. saya di sini juga mau mengakui ihwal dunia contek menyontek yang pernah saya lihat atau saya alami sendiri sewaktu saya masih sekolah.



Sebelum baca, saya ingetin yach... ni tulisan bukan bermaksud untuk ngajarin kejelekan. Saya cuma mau sharing pengalaman aja.

Sebenarnya saya paling gak ahli dalam mencontek. Pernah suatu hari di saat ulangan semester saya nyoba nyontek lewat media kertas kecil hasil operan dari teman saya. Ehhhh, ketahuan guru pengawas! Saya dapet teguran deh! Huh,padahal saya dapat tempat duduk paling belakang yang bisa dibilang strategis lah buat bawa contekan. Yach, namanya juga gak ahlinya. Beda sama temen saya si Vannes (ini nama perempuan lho) yang dengan santainya bisa buka buku catatannya yang setebal bokong gajah! Hebatnya lagi ia gak pernah ketahuan walau dapet tempat duduk urutan paling depan!!! Ckckck...

Karena saya sadar kalo saya gak bakat bawa contekan, akhirnya saya beralih nempatin catatan contekan di media yang paling aman. Yaitu mbatik di meja tulis, telapak tangan, dan kartu ujian. Tapi kapasitasnya kecil bo! Nyonteknya gak maksimal. Bahkan pernah udah cape-cape ngrembelin kartu ujian dengan contekan, eh malah ga ada yang keluar satupun di ujian. Nasib...nasib... tapi bukan berarti saya selalu nyontek loh... saya hanya melakukannya 2 kali saat ujian Sejarah dan Balaghoh yang emang bikin pusing setengah mati. Gak kuat ngapalin materinya!

Ewh, ada lagi, menurut saya ini tindakan nyontek yang paling jahat! Pernah sekali doang gara-gara saya gak konsen belajar, materi ujian gak ada yang bisa masuk ke otak. Akhirnya saya putuskan buat merekam semua materi ujian di walkman. Pas ujian, saya nyoba muter tu walkman lewat headphone. Kalo saya mau, saya bisa ngisi semua soal dengan benar. Tapi saya gak berani lama-lama..takut ketahuan! So, secukupnya aja lah! Hehe....


Yang paling klasik, saya suka merhatiin temen-temen banyak yang pada pamit ke kamar mandi saat ujian berlangsung. Beser??? Oh No! Mereka sedang beraksi, buka contekan... hihi...

Nach, kalo saling berbagi contekan gimana dong? Biasanya sih ada kode-kode tertentu di antara saya dan temen-temen se-genk saya. Misalnya A mijit kepala, B mencet hidung, C mencet bisul teman....dan seterusnya...hahaha..

Kalo yang terakhir ini lumayan kreatif tapi ribet. Ceritanya, ruang ujian saya terpisah dari temen-temen segank. Mereka pada dapet ruang ujian di samping ruang saya. Biarpun ruang ujian kami berdekatan, tapi mereka pada panik gara-gara saya gak gabung di ruang mereka (well, saya kan paling murah hati dalam membagi ilmu pengetahuan alias contekan.hehe). Kebetulan saat itu saya dapat tempat duduk paling depan dekat pintu masuk. Si Isband, salah satu teman saya ternyata punya trik yang cukup ampuh untuk sekedar dapet contekan dari saya walau ruang kami terpisah. Mewakili teman-teman seruangannya yang juga butuh contekan, ia pura-pura sakit pilek. Ia pun dengan pedenya pura-pura buang ingus berkali-kali di depan ruangannya yang praktis bisa terlihat oleh saya. Nah, di saat itulah ia minta contekan beberapa nomor yang udah dipesan oleh teman-teman yang gak bisa mereka temukan jawabannya. Setelah saya kasih tau jawabannya, ia mencatat di tisu bekas ‘ingus’nya, di bawa masuk kembali ke dalam kelas, dan dibagi bersama...Hahaha...
Dan sekali lagi, tulisan saya ini bukan bermaksud untuk ngasih tau caranya nyontek... semoga lebih banyak manfaatnya ketimbang mudharatnya. Semoga ada guru yang baca dan jadi lebih tahu trik murid nyontek,, semoga kelakuan nyontek saya yang sebenarnya tidak seberapa (ooooyeeeeaaahhhh) tidak ditiru oleh murid-murid saya....



4 komentar:

Litha mengatakan...

waaaah,,jadi inget juga waktu sekolah dulu saya juga pernah ketauan,padahal baru per1 kali mencobanya..hehehe :D
Salam kenal yaa...
Kalo ga keberatan, boleh dong mampir ke blog saya :)

Aina mengatakan...

salam kenal juga...thanks uda mampir...
yup, ntar saya mampir deh ke blognya mb Litha

Dinda mengatakan...

gokil abis ya masa SMA!

amirul mengatakan...

hidup nyontekkkkkk....

Poskan Komentar