Belajar Sholat Versi Anak TK dan PAUD

Seminggu sekali, tepatnya tiap hari rabu, RA (setingkat Taman Kanak-kanak) tempat saya mengajar selalu mengadakan praktek sholat. Semua murid baik tingkat Nol Kecil maupun Nol Besar diwajibkan ikut tanpa terkecuali. Praktek sholatnya sederhana aja, ga perlu pake mukena wat murid putri, ato sarung wat murid putra. Just wearing their uniforms... Hehe...


Sebelumnya, praktek sholat biasa dilaksanakan di kelas masing-masing. Tapi karena dirasa kurang efektif (ruang kelas sempit), akhirnya tiap sesi praktek sholat mereka pada ‘ngungsi’ ke gedung PAUD yang kebetulan letaknya emang berdampingan dengan gedung sekolah RA.
Ada positifnya juga lho kegiatan praktek sholat dipindah ke Gedung PAUD. Anak-anak PAUD jadi ketularan pengen ikutan praktek sholat juga... Ya, meskipun Cuma beberapa aja yang mau ikutan,, Namanya juga anak PAUD, usia pra sekolah, ada juga yang belum genap usia satu tahun,,, masih suka-suka mereka alias gak bisa dipaksa *kalo dipaksa bisa nangis level gawat*.
Ayo mari dibandingkan, mana yang sholatnya lebih khusyuk? Anak-anak RA apa Anak-anak PAUD?
Membaca Surat Al-Fatihah ala Anak TK





Membaca Surat Al-Fatihah ala anak PAUD

 
Sujud ala Anak TK
Sujud Ala Anak PAUD
Mendengarkan ceramah sehabis sholat ala Anak TK

Mendengarkan ceramah sehabis sholat ala Anak PAUD

23 komentar:

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

gemes mbak liat tingkahnya mereka, lucuuuuuuuu >.<

coba liat deh foto yang pas sujudnya anak2 PAUD; yang nomer satu dari kanan; keknya lagi mbisikin cewek di sebelahnya ...heheh


mbak ngajar di TK ya? huaaaa, pengen >.<

Mr TM mengatakan...

Lucu ya anak2 itu...


Awal pendidikan yg sangat baguz, kadang malah yg udah gede merasa gengsi untuk belajar sholat...

fizer0 mengatakan...

pendidikan yg bagus buat mereka, semoga pas udah besar jadi rajin sholat...:D

Aina mengatakan...

@ajeng : iyah...paling lucu emang gambar anak pAUD yang pada sujud itu ya? aku aja geli ngeliatnya...
hoho...iya ni ikutan main di TK... Asik lho ngajar TK

@Mr TM : pndidikan agama, termasuk sholat juga emang harus dibiasain sejak dini ya Mas... yang udah gede harusnya juga bisa ngasih contoh yang baik wat juniornya, bukane malah gengsi...

@fizero: amiiiin.... moga mereka selalu istiqomah ya dari kecil,,,

r10 mengatakan...

anak kecil lagi masa lucu-lucunya, sayang anak kecil sholat sering tidak "dihargai" sesama jamaah, padahal ada lho anak kecil yg sholatnya sudah bagus (shlat ga sambil main)

r10 mengatakan...

oh iya mbak, coba cek http://iin-aina.blogspot.com/view

penjelasannya ada di blogku :D

Pembalut Wanita mengatakan...

Mulia sekali, subhanallah, mudah2an Allah mencatat kegiatan ini sebagai kegiatan ibadah amin.

Salam kenal, salam hangat dari Malang....

Ami mengatakan...

Wow... Lucu banget. Aku sih sekarang di baby day care. Kalo siang shalat berjamaah, banyak yang ngobrol atau lari-lari. Lebih tertib di foto itu...

Agung A. Kusuma mengatakan...

wah lucu2 yah anak2nya..
:D
btw salam kenal yah..

Gaptek_ancorez mengatakan...

Artikel'x sgt membantu sekali, makasih

Om Yono mengatakan...

ahaha, lucuya. inget waktu kecil dulu. nungging-nungging, plarak, plirik juga kayak yg di poto., ikikiki

i-one mengatakan...

haha..lucu2...

catatan kecilku mengatakan...

Lucu banget ekspresi wajah mereka dan tingkah polah mereka ya?

dunia kecil indi mengatakan...

wah, lucunya mereka. aku selalu suka anak2 (tapi yg manis2 aja tentunya) :)

Gaphe mengatakan...

jadi kangen masa-masa ngajar TPA dulu deeh.. hehehe.. inget murid-murid belajar shalat gitu, lucu-lucu dan aneh-aneh. Ada yang ngintip pas sujud, ada yang lari-larian, ada yang cuman bisa bilang "AAAMIIIEEN" sekenceng-kencengnya.. hahaha... kangeeenn masa itu.

Noeel-Loebis mengatakan...

gemeeeeessssssssss liat-liat anak-anak tknya. hihihihi

Mas Odjie mengatakan...

hihihihi...
jadi ingat 25 tahun lalu, saya juga belajar sholat ama pak kiai di kampung, sering dimarahin karena banyak bercanda...
alhamdulillah semoga kita bisa mendidik generasi usia dini menjadi generasi yg lebih baik khususnya dalam hal ibadah

Penghuni 60 mengatakan...

semoga kelak mereka jika dewasa nanti akan menjadi anak2 yg berguna bagi semua...amiin...
karna masa dpn negri ini ada ditangan mreka.

Nova Miladyarti mengatakan...

aduuhhh...gemes banget liat anak2nya:D

Geafry Necolsen mengatakan...

lha itu sholatnya kok pada tolah toleh gitu??

bagus banget, ngajarin sholat sejak masih anak2
insyaAllah, dapat amal jariyah..

cho mengatakan...

hahaha, anak-anak emang paling bisa bikin orang dewasa ketawa (walopun banyak juga yang bikin pengen nyekik, kkkkk).

semoga mereka nanti jadi anak-anak yang rajin sholat, selalu inget sama Tuhannya, rajin menabung, dan suka menyebrangkan nenek-nenek yang lagi jalan. :)

pungky mengatakan...

hihihi lucunya.. pengen ngegruwes deh rasanya :D
pelajaran sejak dini yang te o pe :D

Bunda Loving mengatakan...

lucu...jd ingatin waktu anak bunda pertama kali sekolah playgroup di usia 2,7 th..dan juga pertama kali belajar sholat yg benar dan baca iqra....

Poskan Komentar