Nemu Kuadran Terbesar


Beberapa hari yang lalu, saat ngelewatin Gedung Auditorium kampus (walo udah lulus, masih aja rajin ngampus), mata saya dengan sliwernya dikejutkan oleh suatu bentuk benda yang familiar tapi enggak biasa, yang bersandar dengan manisnya di samping gedung itu...
Maksudnya... dulu saya sering banget liat benda kayak gini tapi dalam skala ukuran yang kecil. Lha ini tiba-tiba thu benda nongol di depan saya dengan ukuran berpuluh-puluh kali lipat.
Oke... saya kasih tau... Benda yang saya maksud itu bernama Kuadran.
Apa sih kuadran???
Kuadran yang dimaksud di sini yakni sebuah alat tradisional berbentuk seperempat lingkaran bersudut 90 derajat yang digunain untuk mengukur ketinggian benda-benda langit. Alat ukur ini pertama kali ditemuin oleh seorang ahli ilmu falak (ilmu astronomi) asal Syria bernama Ibn As-Syatir. Kuadran sering disebut juga dengan nama Rubu’ Mujayyab. Alat ini juga bisa digunain untuk mengukur arah kiblat, menentukan waktu sholat, mengetahui posisi bintang-bintang, dan mengetahui ketinggian dan kedalaman suatu objek.
Dulu waktu masih sekolah, saya sering banget liat kuadran berbahan kayu bertengger di kotak buku pelajaran kakak dan sepupu-sepupu saya. Mereka yang notabene bersekolah di Madrasah salaf memang punya kurikulum yang lain daripada yang lain. Diantaranya, madrasah mereka memasukkan pelajaran Ilmu Falak sebagai muatan lokal sekolah. Dan kalo belajar Ilmu Falak ya wajib hukumnya punya benda yang lebih mirip ama potongan kue tersebut. Dan sebelum ngegunain kuadran, wajib pula hukumnya mengetahui bagian-bagian kuadran secara terperinci.
Kuadran biasanya berbahan kayu
Kalo saya sih... dengan ngeliat bentuk kuadran yang penuh garis-garis nan membingungkan, saya malah jadi tambah bingung. Kebingungan itu lantas dilanjut dengan pertanyaan gak mutu, “Gimana bisa ya benda kayak gitu bisa berguna banget dalam bidang astronomi???” hwehehe,,, Ya, maklumlah di sekolah saya dulu gak diajarin pelajaran ilmu falak kayak di sekolah kakak en sepupu-sepupu saya.
Kuadran pada umumnya hanya berukuran 40x40 cm, namun kuadran raksasa yang bertengger di samping auditorium kampus itu berukuran 4x4 meter! Bandingin ama ukuran badan saya yang Cuma 1,5 meter...
Bandingin ama tinggi saya yang cuma 1,5 M
Ternyata kuadran raksasa itu merupakan hasil ciptaan sejumlah Mahasiswa prodi Ilmu Falak Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang. Kuadran tersebut dibuat selama 2 pekan dengan bahan kayu, papan, triplek, flat dan besi. Pembuatan kuadran ini dimaksudkan untuk mengapresiasi alat ukur lawas dalam bidang navigasi dan astronomi yang digunain untuk mengukur benda-benda langit seperti matahari, bulan dan planet.
Penciptaan kuadran terbesar ini juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kuadran terbesar yang pernah ada.

50 komentar:

Mr TM mengatakan...

Waaaw... Saya malah penasaran dgn cara penggunaannya seperti ap, barang kali mba Aina bs sedikit ngejelasin tentang cara penggunaannya di posting selanjutnya...

Aina mengatakan...

wahaha.... pernah dijelasin ama kakak tapi dasare saya oon ya ga banyak yang nyantol di kepala...
cuma tau hapal bentuknya yang kayak seperempat lingkaran, tyus ujung atas dikasih lobang wat talinya gitu... hihi

Huda Tula mengatakan...

WOW!

aku baru tw kalau ada jurusan ilmu falak di IAIN. mungkin maksudnya jurusan astronomi gitu y?? tapi fakultas syari'ah..

hah hambuh lah

Aina mengatakan...

@Huda : huum... jurusan-e emang masih termasuk baru kok.

Nova Miladyarti mengatakan...

ihaaa...itu kuadran kenapa segede gaban begitu yak????
hahhha:D

Aina mengatakan...

@Nova : Biar yang pake' ga micingin mata lagi.... tulisane gede2...

Adryan Nurdien mengatakan...

Difungsikan nggak itu kuadrannya? Atau sebagai memorial aja?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, gede amat yaa

rabest mengatakan...

ooohh..initohyang dipake buat ngukur2 di ilmu falak..

gede banget yak??hehhe

Noeel-Loebis mengatakan...

amazing!!!!

Noeel-Loebis mengatakan...

btw template baru yo??

lebih simpel... swear..

Djangan Pakies mengatakan...

assalamu'alaikum, wah ngukurnya mesti naik gajah tuh. Kreatif dan mantap dan inspiratif

Ahmad Rajasyah mengatakan...

Keren!! gimana klo buat alat ukur yang ini namanya di ganti jadi ARGOME (Alat ukur gotong rame-rame). Thanks infonya Sis.. :)

Trip On Indonesia mengatakan...

wah keren banget bisa masuk MURI! wow.

Cay's mengatakan...

wah gedhe banget ya.....

Gaphe mengatakan...

gilaak.. itu kuadran emang gede banget yah.. ada beberapa hipotesis, pertama.. mahasiswa yang bikin itu emang lagi kurang kerjaan.. trus yang kedua, lagi kebanyakan duit... hahahaha...
selamaat diakui MURI sebagai kuadran terbesar..

mirip crispy crepes bentuknya (_ _")

Aina mengatakan...

@Adryan : tetep difungsikan tho. soale justru kuadran yang akurat thu yang punya ukuran lebih besar

@Sang Cerpenis : namanya aja rekor Mbak ^^

@rabest : hu'um... biasane cuma segede buku...

@Noeel : makaciiiii Noel... hehe. bener lebih enak ni template walo rada girly pinky2... haha

@Pakies : wa'alaikum salam... selamat datang kembali Pak.... iyah pak, naek gajah tyus diangkat pake belalainya. hehe

@Raja : usul kamu segera ditampung Ncut....

@Trip : ^_^

@cay's : yua....tingginya aja setinggi rumah saya kali yak

@Gaphe ; yang ketiga... pengen tenar masuk blog ini....hehe

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wh gede banget alatnya...... aku fikir tadi semangka dibelah waktu kulihat didashbor...heeeyheheehhe

Aina mengatakan...

@Arief : bisa dibilang gitu...semangka ijo....hehe

Zahra mengatakan...

Wihh.gede banget ya..kuadran prinsip untuk menggambar lingkaran juga..dalam javascript juga di pakai.

Aina mengatakan...

@zahra : hihi....hiya. multi fungsi yak... kalo bilang 'kuadran' emang harus dijelasin dulu, kuadran apakah yang dimaksud.,,biar gak salah

YeN mengatakan...

wah, ilmu falak!!keren!!
dari dulu penasaran aku kayak gimana sih ilmu falak yg sesungguhnya, pasti asik deh kalo pas di sekolah dulu di ajarin kayak sepupu sampeyan..

Aina mengatakan...

@Yen : katanya sih bikin mumet... saya dijelasin juga ga ngerti2... tapi mungkin gak ngertinya saya karena saya emang gak pinter itung2an kali ya....haha....
tapi kalo udah bisa pasti emang asik banget...

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Wohooooow amazing B)

Aina mengatakan...

@Shudai : tingkyuuuuuuu

lidya mengatakan...

ooh kuliah di IAIN ya?

Lozz Akbar mengatakan...

wow.. baru tahu nih saya dengan kuadran.. oh ya selamat ya untuk kampusnya

Adryan Nurdien mengatakan...

Wah, berarti kampusmu ikutan ngitung waktu nentuin bulan puasa yah? atau bahkan lebih sering dipake?

zasachi mengatakan...

Aku baru pertama ini lihat loh..
plus baru pertama ini dengar :D
Wuih, gede banget ya.. penasaran gmn cara gunainnya :D

daur ulang mengatakan...

kuadran nya bisa gde gitu yak....

Blog Keluarga - Obat Ibu Hamil mengatakan...

pertanyaan yang sama juga muncul dalam pikiran saya dan saya lontarkan pada ayah saya... ayah saya menjawab.. makanya belajar supaya kamu bisa mengerti kegunannya benda tersebut????

Eks mengatakan...

wew, gede amirr...

Aina mengatakan...

@lidya : dulu mbak.....

@Adryan : hihi, ga ngerti ikut ngitung apa nggak.... yang jelas buat praktek mahasiswa sih iya,,,

@zasachi : sama.... aku juga ga terlalu ngerti....hehe

@daur : namanya aja kuadran raksasa

@Blog keluarga : emang....untuk ngerti sesuatu yang baru kita kenal ya emang harus belajar :D

@eks : amir tetanggamu ya????

@

M A Vip mengatakan...

ati ati mbak ketiban bisa habis uang dikantong buat berobat

Aina mengatakan...

@Vip : jiahaha...... untung saya masih idup sehat wal afiat...
:D

Muhammad A Vip mengatakan...

itu bisa buat alas tidur tidak?

Aina mengatakan...

@vip : bisaaaa tapi keras booooooo... enakan kasur... haha

Bisnis Oriflame mengatakan...

OOT: Hal pertama yang akusuka main di sini tulisannya besar-besar...bikin betah dan nyaman baca..

Baru semalam saya di kelas ngbrolin masalah astronomy yang bikin saya nguap2 dan si Quadrant juga ada....sampai ada juga Hubble....apa gitu...

haqie mengatakan...

Mantab itu gedhe nya hebat sampe masuk MURI...^^

John Terro mengatakan...

saya ga bisa bayangin cara penggunaanya :P
maklum bukan jurusan falak :)

Rohani Syawaliah mengatakan...

Baru tahu tentang kuadran...

hahahahhahaha

Sukadi mengatakan...

Butuh banyak orang buat menggunakan alat itu, lha mbak Aina saja terlihat kecil di bawah alat itu heehe..
Terimakasih :)

Anak Shaleh mengatakan...

mantab tenan iki yo??? salam blogwalking semuanya yo!!!

insan mengatakan...

gede ya rubu' nya boleh yg rubu'ku mah kecil :)
boleh tu posting cara penggunaanyan :)

Muhammad A Vip mengatakan...

itu kalo bentuknya kecil trus ditaro di piring pasti dikira kue

alkatro mengatakan...

Guede banget, malah inget pilm sun go kong, mirip kipas api nyonya siluman kerbau :D

Aina mengatakan...

@Bisnis oriflame : ohyaaaa, saya malah ga terlalu ngerti soal astronomi... makasi ya atas kunjungane...

@Haqie : ^^

@John : sama Bang....

@Rohani : lha ni udah tau kan? ^^

@Sukadi : satu orang juga bisa ngegunain kok... kan talinya menggelantung ampe bawah. yang penting saya ga kejatohan thu kuadran..

@Anak Shaleh : salam BW juga....

@insan : emang ukuran aslinya kecil kok... ntar ya harus belajar dulu, kalo uda ngerti baru posting lagi.hehe

@vip : lha kalo berdiri kayak digambar kayak semangka...

@alkatro : huahaha... bisa jadi cadangannya putri kipas kali ya...haha

r10 mengatakan...

kuadran terbesar tapi tak dipakai, kecuali buat pajangan

mubazir dong :(

Hafidzul Aetam mengatakan...

hehehhee... itu karya anak2 konsentrasi ilmu falak fakultas syari'ah iain walisongo... ada salam dari temen2 falak disini... smoga hal tu bisa dimanfaatkan... lw mw tanya2 bisa ke iain langsung

abu naja mengatakan...

woooowwww siippp....

Poskan Komentar